Iklan Header

Descending Necrotizing Mediastinitis (DNM) Adalah

Admin
Editor: Redaksi Minggu, 19 November 2023, 20.02 WIB Last Updated 2023-11-19T13:02:43Z
Baca Juga

Descending Necrotizing Mediastinitis (DNM) Adalah - Ketika berbicara tentang masalah kesehatan yang serius, ada kondisi yang mungkin belum banyak diketahui oleh masyarakat umum, dan ini bisa mengancam nyawa seseorang dalam sekejap.


Descending Necrotizing Mediastinitis (DNM) Adalah


Salah satu kondisi tersebut adalah Descending Necrotizing Mediastinitis (DNM). Lalu apakah anda sudah mengetahui apa itu yang disebut dengan Descending Necrotizing Mediastinitis (DNM)? Jika tidak, silahkan simak penjelasannya di bawah ini.


Descending Necrotizing Mediastinitis


Descending Necrotizing Mediastinitis adalah kondisi medis langka yang dapat terjadi ketika infeksi lokal di daerah kepala dan leher menyebar ke mediastinum, ruang vital di dalam dada yang mengelilingi organ-organ penting seperti jantung, trakea, dan esofagus.


Kondisi ini biasanya akan memerlukan penanganan medis segera dan serius, karena jika dibiarkan tanpa pengobatan bisa mengancam nyawa.


DNM sering kali bermula dari infeksi di daerah kepala dan leher, yaitu seperti abses gigi, tonsilitis, atau infeksi tenggorokan.


Infeksi seperti itu jika tidak ditangani dengan tepat, tentunya bisa dengan cepat menyebar ke jaringan di sekitarnya dan bahkan lebih jauh ke dalam mediastinum.


Proses penyebaran ini terjadi karena tubuh manusia memiliki jaringan ikat yang menghubungkan daerah leher dengan mediastinum, sehingga hal ini memungkinkan infeksi untuk menyebar dengan cepat.


Gejala DNM ini tentunya sangat bervariasi, namun ada terdapat beberapa tanda yang umumnya akan langsung muncul. Gejala yang sering dikaitkan dengan DNM ini yaitu meliputi demam, nyeri dada yang hebat, kesulitan bernapas, dan batuk dengan darah.


Pasien dengan DNM juga cenderung mengalami pembengkakan di daerah leher, nyeri tenggorokan yang parah, serta peradangan dan kemerahan pada kulit sekitar leher dan dada.


Adapun diagnosis Descending Necrotizing Mediastinitis ini umumnya didasarkan pada gejala klinis pasien serta hasil pemeriksaan radiologi seperti CT scan dada. Pemeriksaan ini dapat mengungkap tanda-tanda infeksi dan peradangan di dalam mediastinum.


Kesimpulan


Descending Necrotizing Mediastinitis adalah kondisi medis yang langka tetapi sangat serius yang terjadi ketika infeksi di daerah kepala dan leher menyebar ke mediastinum. Gejala DNM ini dapat berkembang dengan cepat, dan kondisi ini memerlukan perawatan medis segera.



Baca Juga Artikel Menarik JabarDigital.com Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+