Iklan Header

Apakah e-Meterai Live Resmi atau Tidak? Review Penting

Admin
Editor: Redaksi Minggu, 26 November 2023, 11.46 WIB Last Updated 2023-11-26T04:46:10Z
Baca Juga

Apakah e-Meterai Live Resmi atau Tidak? Review Penting - Meterai Elektronik atau e-Meterai ini adalah salah satu jenis materai dalam format elektronik yang digunakan untuk membayar pajak atas dokumen elektronik.


Apakah e-Meterai Live Resmi atau Tidak? Review Penting


Adapun cara untuk menggunakan e-Meterai ini yaitu dengan cara dibubuhan pada dokumen elektronik. Menurut PP (Peraturan Pemerintah) Nomor 86 Tahun 2021, pengertian meterai elektronik atau e-Meterai ini adalah meterai berupa label yang penggunaannya ini biasanya dilakukan dengan cara dibubuhkan pada dokumen melalui sistem tertentu.


E-Meterai digunakan untuk dokumen elektronik. Adapun terkait biaya e-Meterai telah ini juga diatur berdasarkan Undang-Undang (UU) Nomor 10 Tahun 2020 tentang Bea Meterai. Pembelian e-Meterai ini ternyata dikenai tarif sebesar Rp10.000 untuk nominal e-Meterai yang sama.


Meterai adalah segel yang digunakan pada dokumen atau surat resmi untuk menandakan bahwa pajak atau biaya tertentu telah dibayar kepada pemerintah atau otoritas yang berwenang. Biasanya e Meterai ini berbentuk segel fisik yang ditempelkan pada dokumen atau bisa juga berupa stempel digital atau tanda khusus yang diterapkan pada dokumen elektronik.


Di beberapa negara, e Materai atau stempel sering digunakan sebagai bukti pembayaran pajak atau biaya tertentu yang diperlukan oleh hukum. Meterai ini mencakup berbagai jenis, mulai dari yang kecil hingga besar, tergantung pada jenis dokumen dan nilai pajak atau biaya yang harus dibayarkan.


Istilah E Meterai bisa merujuk pada meterai elektronik atau stempel digital yang digunakan dalam lingkungan digital atau elektronik, seperti dokumen-dokumen yang disimpan dan ditransmisikan secara elektronik.


e-Meterai biasanya memiliki fungsi yang sama dengan meterai fisik, yaitu sebagai tanda pembayaran pajak atau biaya tertentu pada dokumen elektronik. Beberapa negara telah mengadopsi teknologi ini untuk menggantikan meterai fisik dalam upaya modernisasi administrasi dan pengurangan penggunaan kertas.


Namun yang saat ini menjadi pertanyaannya adalah apakah e-Meterai live resmi atau tidak? Nah, untuk mengetahui dari pertanyaan tersebut, silahkan anda simak pembahasan selanjutnya di bawah ini dan utamakan baca sampai selesai.


e-Meterai Live Resmi atau Tidak?


Sebenarnya untuk e Meterai live ini memang sudah dapat dikatakan resmi. Akan tetapi, belakangan ini banyak sekali para pengguna yang mengalami masalah atas e-Meterai live tersebut dikarenakan prosesnya yang terbilang cukup rumit dan diharuskan untuk menjaga kesabaran.


Namun alangkah baiknya jika anda menggunakan Meterai yang biasa saja apabila e-Meterainya livenya belum mumpuni, mengapa demikian? Yah pasalnya waktu dengan menggunakan e-Meterai live tersebut anda setidaknya pasti akan mengalami masalah, baik itu masalah tidak bisa digunakan atau pembelian Meterai tersebut terbatas.


Akhir Kata


Demikianlah informasi mengenai apakah e-Meterai live resmi atau tidak yang dapat admin sampaikan. Semoga bisa bermanfaat dan sekaligus membantu, share artikel ini ke pengguna melalui sosial media yang anda miliki.



Baca Juga Artikel Menarik JabarDigital.com Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+