Iklan Header

Tetap Waspada dengan Sunscreen SPF Palsu yang Viral, Begini Penjelasannya!

Admin
Editor: Redaksi Senin, 27 November 2023, 11.59 WIB Last Updated 2023-11-27T04:59:26Z
Baca Juga

Tetap Waspada dengan Sunscreen SPF Palsu yang Viral, Begini Penjelasannya! - Baru-baru ini platform media sosial seperti TikTok, Twitter, dan lainnya sedang dihebohkan dengan viralnya terkait pembahasan sunscreen SPF palsu yang diduga ada terdapat salah satu brand yang sengaja melakukan klaim nilai SPF palsu terhadap produk tabir suryanya hingga menjadi bahan perbincangan saat ini.


Tetap Waspada dengan Sunscreen SPF Palsu yang Viral, Begini Penjelasannya!


Sunscreen SPF dapat diartikan sebagai tabir surya dengan faktor perlindungan matahari. Faktor perlindungan matahari (SPF) merupakan ukuran seberapa efektif produk tabir surya melindungi kulit Anda dari efek berbahaya radiasi ultraviolet (UV) dari matahari. SPF akan mengindikasikan tingkat perlindungan terhadap sinar UVB yang merupakan penyebab utama terjadinya luka bakar matahari dan bisa berkontribusi pada kerusakan kulit serta peningkatan risiko kanker kulit.


Sunscreen dengan faktor perlindungan matahari ini adalah senjata utama dalam melindungi kulit dari efek berbahaya radiasi ultraviolet (UV) matahari. Akan tetapi, dibalik manfaatnya yang luar biasa, ada ancaman yang semakin merajalela yaitu dengan adanya sunscreen SPF palsu. Sunscreen palsu tentunya dapat mengakibatkan perlindungan kulit yang minim atau bahkan merugikan kesehatan anda.


Apa itu Sunscreen SPF Palsu?


Sunscreen SPF palsu adalah sebuah produk tabir surya yang mengklaim memiliki tingkat perlindungan tinggi terhadap sinar UV, namun pada kenyataannya tidak memberikan perlindungan yang memadai. Produk ini mungkin memiliki kemasan yang mirip dengan merek terkenal atau menggunakan klaim yang menarik untuk menipu para konsumen.


Keberadaan sunscreen palsu ini bukan hanya membuang uang anda saja, melainkan juga dapat membahayakan kulit anda dengan meninggalkan anda terpapar radiasi UV tanpa perlindungan yang memadai. Ada terdapat beberapa efek negatif jika menggunakan sunscreen spf palsu yaitu diantaranya sebagai berikut:


1. Peradangan Kulit


Produk sunscreen palsu mungkin di dalamnya mengandung bahan yang merusak kulit atau menyebabkan reaksi alergi, menyebabkan peradangan, kemerahan, dan iritasi.


2. Kerusakan Pada Kulit


Penggunaan sunscreen palsu tentunya dapat meninggalkan kulit terbuka terhadap paparan sinar UV yang bisa menyebabkan luka bakar matahari, penuaan dini, dan bahkan meningkatkan resiko kanker kulit.


3. Efek Kesehatan dalam Jangka Panjang


Terpapar sinar UV tanpa perlindungan yang memadai tentunya dapat menyebabkan kerusakan pada kulit dalam jangka yang cukup panjang dan kondisi kesehatan yang serius, yaitu misalnya seperti melanoma, jenis kanker kulit yang paling mematikan.


Cara Mengetahui Sunscreen SPF Palsu


Ada beberapa cara untuk mengidentifikasi bahwa sunscreen SPF tersebut adalah palsu, berikut ini adalah beberapa hal yang harus anda perhatikan yaitu:


  • Periksa label dan kemasan
  • Beli dari sumber terpercaya
  • Cek kode batch
  • Bandingan dengan harga aslinya

Kesimpulan


Jadi logikanya, sunscreen itu semakin tinggi SPF-nya, maka pasti itu bukan semakin ringan, namun semakin kental, ujar dalam video yang diunggah di akun TikTok bernama @kamilajaidi. Hal ini dikarenakan UV filter mayoritasnya yang dibuat menggunakan bahan dasar yang oily, sehingga teksturnya semakin berat.


Akhir Kata


Demikianlah informasi singkat mengenai sunscreen SPF palsu yang dapat admin sampaikan pada artikel kesempatan kali ini. Semoga dengan adanya pembahasan di atas ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat dan sekaligus menjadi perhatian bagi anda sahabat pembaca dimanapun sekarang berada, sekian dan terimakasih.



Baca Juga Artikel Menarik JabarDigital.com Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+