Iklan Header

Terjawab! Sumbu Filosofi Jogja Menekankan Pada Arti Penting dari Apa?

Admin
Editor: Redaksi Minggu, 03 Desember 2023, 07.34 WIB Last Updated 2023-12-03T00:34:57Z
Baca Juga

Terjawab! Sumbu Filosofi Jogja Menekankan Pada Arti Penting dari Apa? - Jogja atau Yogyakarta ini adalah sebuah kota kuno yang kaya akan budaya dan warisan lokal. Di balik pesonanya sebagai pusat pariwisata dan pendidikan, ada terdapat sumbu filosofi yang menjadi dasar dari kehidupan masyarakat Jogja.


Terjawab! Sumbu Filosofi Jogja Menekankan Pada Arti Penting dari Apa?


Filosofi Jogja ini ternyata mengandung nilai-nilai penting yang tercermin dalam setiap aspek kehidupan, membentuk sebuah masyarakat yang solidaritas, bersatu, dan penuh kearifan lokal. Lalu sumbu filosofi Jogja menekankan pada arti penting dari... apa saja?


Adapun sumbu filosofi Jogja ini mengandung arti penting dari kearifan lokal dan nilai-nilai budaya yang dijunjung tinggi dalam kehidupan sehari-hari. Filosofi Jogja terkait erat dengan cara hidup masyarakatnya yang mencerminkan nilai-nilai tradisional Jawa dan sekaligus dengan kemanusiaan.


Aspek Penting dari Sumbu Filosofi Jogja


Ada terdapat beberapa aspek penting dari adanya sumbu filosofi Jogja yaitu diantaranya sebagai berikut:


1. Gotong Royong


Konsep gotong royong merupakan sebuah landasan utama dari sumbu filosofi Jogja. Hal ini yaitu menekankan kepada semangat kerjasama, tolong-menolong, dan saling membantu antar anggota dalam kehidupan bermasyarakat. Gotong royong akan memperkuat solidaritas sosial dan membentuk masyarakat yang sangat inklusif.


2. Kekeluargaan


Penduduk Jogja memiliki budaya kekeluargaan yang terbilang cukup kuat, dimana persaudaraan ini dianggap penting dan saling menghargai antara nggota masyarakat. Mereka bisanya akan saling merangkul tamu dengan ramah dan membuat orang merasa sedang berada di rumah Jogja.


3. Seni dan Budaya


Jogja adalah pusat seni dan budaya di Indonesia. Dengan adanya kesenian seperti batik, wayang kulit, gamelan, dan seni rupa lainnya yang menjadi bagian dari identitas budaya Jogja. Selain itu, filosofi Jogja juga menghargai dan merayakan kekayaan seni tersebut.


4. Kesederhanaan


Filosofi Jogja menekankan pentingnya hidup sederhana dan rendah hati. Nilai ini tercermin dalam sikap rendah hati, tidak sombong, dan tidak mencolok dalam perilaku sehari-hari.


5. Pendidikan dan Kearifan Lokal


Selanjutnya Jogja memiliki lembaga pendidikan tinggi yang terkenal, yaitu misalnya Universitas Gadjah Mada dan Universitas Islam Indonesia. Filosofi Jogja ini menempatkan pendidikan dan pengetahuan sebagai salah satu hal yang sangat dihargai dan sambil tetap mengakui serta menghargai kearifan lokal dan tradisi dari para leluhur.


Filosofi Jogja yang sangat sarat dengan nilai-nilai tersebut tentunya telah bisa membantu untuk menjaga keharmonisan sosial, keseimbangan hidup, dan identitas budaya yang kuat di kota tersebut. Melalui sumbu filosofi Jogja, masyarakat Jogja tentunya dapat terus mempertahankan dan mengembangkan warisan budaya mereka untuk generasi yang akan mendatang.


Akhir Kata


Demikianlah informasi terkait sumbu filosofi Jogja menekankan pada arti penting dari apa yang dapat admin sampaikan pada pembahasan kali ini. Semoga bisa bermanfaat, share artikel ini ke media sosial atau pengguna lainnya jika bermanfaat.



Baca Juga Artikel Menarik JabarDigital.com Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+