Iklan Header

Jawaban! Salah Satu Keunggulan Kurikulum Merdeka Adalah Lebih Relevan dan Interaktif

Admin
Editor: Redaksi Jumat, 28 Juli 2023, 11.10 WIB Last Updated 2023-07-31T04:13:24Z
Baca Juga

Jawaban! Salah Satu Keunggulan Kurikulum Merdeka Adalah Lebih Relevan dan Interaktif - Salah satu pertanyaan terkait salah satu keunggulan kurikulum merdeka adalah lebih relevan dan interaktif. makna kurikulum merdeka lebih relevan dan interaktif yaitu saat ini sedang banyak dipertanyakan oleh mereka para siswa/i atau Mahasiswa/i yang sedang mengikuti pembelajaran secara online.

Jawaban! Salah Satu Keunggulan Kurikulum Merdeka Adalah Lebih Relevan dan Interaktif

Kurikulum merdeka adalah sebuah pendekatan kurikulum yang bertujuan untuk dapat memberikan kebebasan lebih besar kepada sekolah dan guru dalam merancang kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan, potensi, dan tantangan lokal masing-masing.

Keunggulan dari kurikulum merdeka yang menyatakan bahwa kurikulum ini lebih relevan dan interaktif dapat dijelaskan dalam beberapa penjelasan di bawah ini yaitu sebagai berikut:

  • Relevan dengan kebutuhan lokal
  • Relevan dengan perkembangan peserta didik
  • Interaktif dan partisipatif
  • Pengembangan keterampilan berpikir kritis, dan
  • Fleksibel

Dengan pendekatan tersebut, kurikulum tentunya dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan realitas sosial, budaya, dan ekonomi di masyarakat tempat sekolah berada. Hal ini memungkinkan siswa untuk belajar tentang hal-hal yang lebih relevan dengan kehidupan sehari-hari mereka, yang bisa meningkatkan minat dan motivasi belajarnya.

Kurikulum merdeka memungkinkan para guru untuk memperhatikan keunikan dan keberagaman setiap siswa. Kemudian kurikulum merdeka juga akan mendorong partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran secara langsung atau online (daring).

Selain itu, kurikulum merdeka akan mendorong para siswa untuk lebih berpikir kritis dan kreatif. Guru nantinya dapat menyusun tugas dan aktivitas yang memerlukan analisis mendalam, penyelesaian masalah, dan pemecahan masalah aktual lainnya.

Selanjutnya kurikulum merdeka memungkinkan adanya fleksibilitas dalam penerapan. Guru bisa menyesuaikan pembelajaran dengan perubahan situasi dan kebutuhan siswa secara real-time, sehingga proses pembelajaran pun menjadi lebih dinamis dan adaptif.

Dengan demikian, kurikulum merdeka yang lebih relevan dan interaktif akan memberikan kesempatan bagi pendidikan yang lebih menyeluruh, menggugah rasa ingin tahu, dan mengembangkan potensi peserta didik secara lebih optimal sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan dunia global di era zaman sekarang saat ini.

Akhir Kata

Demikianlah informasi mengenai salah satu keunggulan kurikulum merdeka adalah lebih relevan dan interaktif. makna kurikulum merdeka lebih relevan dan interaktif yaitu yang dapat admin sampaikan, semoga bermanfaat!



Baca Juga Artikel Menarik JabarDigital.com Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+