Iklan Header

Jawaban! Coba Analisis Bagaimanakah Peran Pemerintah Bertindak dalam Mengatasi Kegagalan Pasar yang Disebabkan Oleh Eksternalitas?

Admin
Editor: Redaksi Sabtu, 08 Juli 2023, 17.26 WIB Last Updated 2023-07-08T10:26:18Z
Baca Juga

Jawaban! Coba Analisis Bagaimanakah Peran Pemerintah Bertindak dalam Mengatasi Kegagalan Pasar yang Disebabkan Oleh Eksternalitas? - Salah satu pertanyaan yang saat ini sedang banyak ditanyakan oleh mereka para siswa atau Mahasiswa/i untuk dapat memenuhi salah satu tugasnya adalah terkait dengan coba analisis bagaimanakah peran pemerintah bertindak dalam mengatasi kegagalan pasar yang disebabkan oleh eksternalitas tersebut?

Jawaban! Coba Analisis Bagaimanakah Peran Pemerintah Bertindak dalam Mengatasi Kegagalan Pasar yang Disebabkan Oleh Eksternalitas?

Nah, bagi anda yang ingin mengetahui jawabannya, maka silahkan simak pembahasannya di bawah ini sampai selesai. Pada kesempatan kali ini admin akan mencoba memberikan sedikit pembahasan dan jawaban dari pertanyaan atau soal yang sudah admin sebutkan di atas ini, langsung saja yuk simak pembahasan dan jawabannya di bawah ini sampai selesai.

Bagaimanakah Peran Pemerintah Bertindak dalam Mengatasi Kegagalan Pasar yang Disebabkan Oleh Eksternalitas?

Peran pemerintah dalam upaya untuk dapat mengatasi kegagalan pasar yang disebabkan oleh eksternalitas ini tentunya dapat melibatkan beberapa tindakan maupun kebijakan. Eksternalitas akan terjadi ketika kegiatan ekonomi ini menghasilkan dampak positif ataupun negatif yang tentunya tidak tercermin dalam mekanisme pasar.

Pemerintah bisa memberlakukan pajak atau subsidi untuk dapat mengubah insentif ekonomi dan sekaligus mengurangi eksternalitas negatif atau meningkatkan eksternalitas yang baik. Tidak hanya itu saja, pemerintah juga bisa mengeluarkan peraturan dan undang-undang untuk mengontrol perilaku yang menghasilkan eksternalitas tidak baik.

Nah, adapun dalam beberapa kasus eksternalitas yang sangat merugikan, pemerintah tentu bisa memutuskan untuk membatasi dan melarang kegiatan tersebut. Misalnya saja yaitu penggunaan bahan kimia berbahaya tertentu yang harus dilarang untuk melindungi lingkungan.

Jadi intinya pemerintah memiliki peran yang sangat penting dalam mengatasi kegagalan pasar yang disebabkan oleh eksternalitas, baik itu melalui pengaturan dan pengawasan, pemberian insentif ekonomi, atau melalui kampanye informasi.

Akhir Kata

Demikianlah informasi mengenai analisis bagaimanakah peran pemerintah bertindak dalam mengatasi kegagalan pasar yang disebabkan oleh eksternalitas yang dapat admin sampaikan, semoga bisa bermanfaat!



Baca Juga Artikel Menarik JabarDigital.com Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+