Iklan Header

Apa Gemus dari Pomacea Canaliculata? Jawabannya Disini

Admin
Editor: Redaksi Rabu, 15 November 2023, 20.15 WIB Last Updated 2023-11-15T13:15:33Z
Baca Juga

Apa Gemus dari Pomacea Canaliculata? Jawabannya Disini - Banyak sekali saat ini pertanyaan mengenai apa gemus atau genus dari pomacea canaliculata? Maka untuk itu pada kesempatan kali ini admin akan memberikan sedikit pembahasan dan sekaligus jawabannya, silahkan baca artikelnya sampai selesai.


Apa Gemus dari Pomacea Canaliculata? Jawabannya Disini


Adapun gemus dari pomacea canaliculata ini adalah siput murbai atau yang biasa dikenal dengan nama populer keong mas. Keong mas ini adalah moluska air tawar yang menjadi salah satu jenis hewan akuarium dan hama penting pada tanaman padi. Nama dari keong mas ini disebabkan karena warna cangkangnya yang keemasan dan bentuknya yang menyerupai keong mas.


Keong mas ini banyak sekali ditemukan di pesawahan dan kolam yang memiliki air tawar. Populasi keong mas hingga saat ini sulit sekali untuk dikendalikan, sifatnya yang merupakan herbivore sering dianggap sebagai hama bagi tanaman padi di sawah-sawah yang merupakan tempat hidupnya. Keong mas dengan pertumbuhan populasi yang relative cepat cukup ini ternyata dapat mengganggu aspek pertanian dan perikanan di berbagai wilayah Indonesia.


Hewan jenis ini akan merusak tanaman padi yang baru di tanam dengan cara yaitu memarut jaringan tanaman lalu memakannya. Nah, adapun gejala dari serangan hama ini terlihat langsung pada batang, tangkai dan helai daun yang rusak akibat bekas gigitan dan pada batang muda terpotong-potong, bahkan serangan berat bisa memakan seluruh tanaman padi di sawah-sawah.


Akhir Kata


Demikianlah informasi singkat mengenai Gemus dari Pomacea Canaliculata yang dapat admin sampaikan pada pembahasan kali ini. Semoga bisa bermanfaat dan sekaligus menjadi referensi yang baik, sekian dan terimakasih.



Baca Juga Artikel Menarik JabarDigital.com Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+