Iklan Header

BantuSaku Apakah Sebar Data? Atasi dan Hindari dengan Cara Menghentikannya

Admin
Editor: Redaksi Senin, 29 April 2024, 12.11 WIB Last Updated 2024-04-29T05:11:50Z
Baca Juga

BantuSaku Apakah Sebar Data? Atasi dan Hindari dengan Cara Menghentikannya - Apakah BantuSaku sebar data para pengguna tahun 2024 sekarang dan bagaimana cara mengatasi dan menghindari sekaligus menghentikannya agar aplikasi pinjol legal BantuSaku tidak akan menyebarkan data para penggunanya.


BantuSaku Apakah Sebar Data? Atasi dan Hindari dengan Cara Menghentikannya



Aplikasi pinjaman online di Indonesia mungkin pada saat ini sudah tidak asing lagi didengar bagi setiap orang, bahkan saat ini ternyata sudah banyak sekali masyarakat yang mengajukan pinjaman dana di aplikasi pinjaman online (pinjol) tersebut baik pinjaman legal ataupun ilegal.


Mengajukan pinjaman online memang terbilang cukup mudah, namun dibalik kemudahan tersebut ada sejumlah syarat yang harus dibutuhkan oleh para pengguna ataupun debitur. Jika syarat yang dibutuhkan sudah dipenuhi, maka proses pencairan pinjaman pun sangat cepat lain halnya ketika pengguna mengajukan pinjaman di bank ataupun lembaga keuangan yang harus membutuhkan waktu hingga bermingu-minggu.


Seperti halnya ketika para pengguna mengajukan pinjaman secara online di aplikasi BantuSaku. Waktu yang dibutuhkan pun ini terbilang cukup cepat yaitu hanya dalam 1 x 24 jam, dan dana pinjaman yang diajukan oleh pengguna secara otomatis akan langsung masuk ke rekening.


Pembahasan Aplikasi Pinjol Legal Sebar Data


Bagi kalian yang mungkin masih minim informasi mengenai seluk beluknya aplikasi pinjaman online seperti BantuSaku ini, maka penting sekali bahwa setiap aplikasi pinjaman online akan meminta izin akses data smartphone pengguna. Sedangkan aturan dari OJK hanya ada 3 akses data yang diperbolehkan yaitu lokasi, microphone dan kamera.


Akan tetapi, ternyata ada beberapa aplikasi pinjol yang meminta izin akses para pengguna selain ketiga akses diatas mulai dari pesan, galeri, kontak atau nomor telepon, dan lain sebagainya. Hal ini sebenarnya melanggar dari apa yang sudah ditetapkan oleh aturan OJK, dengan demikian jika para pengguna telat atau gagal bayar tagihan hingga berbulan-bulan maka sudah dipastikan pinjol tersebut akan menyebarkan semua data informasi pribadi pengguna.


Baca Juga: 5 Resiko dan Solusi Galbay Pinjol Legal

 

Hal yang satu ini akan menjadi catatan khusus bagi anda sebagai pengguna yang sedang memiliki pinjaman di aplikasi pinjaman online seperti BantuSaku ini. Sedikit ulasan di atas, pada kesempatan kali ini admin akan membahahas mengenai apakah aplikasi pinjol legal BantuSaku akan sebar data para pengguna dan bagaimana cara atasi atau menghindari dengan cara menghentikannya?


Apakah BantuSaku Sebar Data?


Banyak sekali diantara orang-orang yang bertanya "Apakah pinjol legal akan menyebarkan data pengguna? Seperti yang sudah admin jelaskan di atas bahwa pihak dari Otoritas Jasa Keuangan hanya telah memberikan izin kepada para pinjol legal untuk mengakses lokasi, microphone dan kamera.


Namun lain halnya dengan aplikasi pinjaman online lain yang sama sudah legal seperti BantuSaku ini apakah akan sebar data pengguna? Jawabannya yaitu "Ya" benar BantuSaku akan menyebarkan data informasi pribadi para pengguna jika lalai atau galbay BantuSaku hingga waktu berbulan-bulan.


Adapun beberapa contoh penyebaran data yang akan dilakukan oleh BantuSaku ini yaitu pertama melalui pesan WhatsApp seperti ini pesannya " Kami informasikan khusus untuk pelunasan hari ini kami sebagai pihak BantuSaku telah menyediakan diskon untuk bisa membantu beban tagihan anda mulai dari 3 hingga 10%.


Baca Juga: BantuSaku Ada DC Lapangan?

 

Kami sarankan untuk sesegera mungkin melakukan pembayaran secepatnya di pagi, siang ataupun sore hari ini. Karena jika tidak kesempatan kenaikan limit akan lebih besar di waktu tersebut dan score kredit anda pun akan lebih meningkat kembali.


Nah, itu yang pertama kali dilakukan oleh Debt Collector kantor BantuSaku agar para penggunanya segera untuk melunasi tunggakannya. Akan tetapi, lain halnya dengan pengguna yang sangat lalai dan mengabaikan semua pesan atau peringatan yang dikirimkan oleh Debt Collector BantuSaku dan ini yang akan dilakukan oleh pihak DC BantuSaku.


Ancaman Sebar Data BantuSaku


PERINGATAN! Tolong sampaikan kepada yang bersangkutan agar segera membayarkan tagihannya di aplikasi BantuSaku sekarang juga. Dikarenakan sudah keterlambatan, maka anda dilibatkan disini sebagai kontak daruratnya, kami sudah menghubungi dari jauh-jauh hari namun masih juga belum ada tanggung jawab dari yang bersangkutan.


Tidak ada respon baik untuk dapat diselesaikan tagihan ini, tolong hubungi dia di nomornya di atas agar dia tidak lupa untuk segera melakukan pembayaran tagihannya. Jadi sebelum kami ambil tindakan dengan tegas, tolong sampaikan sekarang juga ke dia agar sadar diri dan menunjukkan itikad baiknya sebelum menyesali sikapnya tersebut.


Jangan menunda-nunda pembayaran anda, karena kami akan memperburuk skor kredit di aplikasi. Jangan pernah menyepelekan buruknya skor kredit anda di aplikasi, karena untuk kedepannya anda tidak tahu akan pinjam uang di platform mana lagi.


Jika skor kredit buruk maka anda akan sulit untuk mengajukan pinjaman uang kembali di aplikasi pinjaman online legal manapun, karena kami akan langsung menyebarkan dan memasukkan data diri anda ke daftar hitam BI Checking atau SLIK OJK. Mohon konfirmasi pembayaran anda untuk hari ini, silahkan mengajukan pencairan dana kembali jika pembayaran sudah anda lunasi.


Jadi itulah ancaman yang akan dilakukan oleh pihak DC dari BantuSaku jika para penggunanya lalai atau galbay BantuSaku 2024 hingga berbulan-bulan. Maka untuk itu dapat diambil kesimpulannya bahwa BantuSaku akan menyebarkan semua data pribadi pengguna ke pihak lain dan akan langsung dimasukkan ke SLIK OJK.


Dengan begitu maka pengguna akan kesulitan kembali jika mengajukan pinjaman di platform pinjaman online legal ataupun ilegal lainnya dikarenakan semua informasi data pribadi pengguna seperti KTP, Fhoto, Nomor telepon akan disebarkan ke pihak lainnya.


Cara Mengatasi dan Mengindari Penyebaran Data BantuSaku dengan Cara Menghentikannya


Perlu diketahui bahwasannya ada terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan oleh pengguna untuk mengatasi dan mengindari penyebaran data BantuSaku yaitu dengan cara menolak akses izin kontak yang diminta seperti apa yang sudah admin jelaskan di atas. Ketika anda mengajukan pinjaman online maka secara perlahan anda coba untuk menolak semua akses data yang diminta seperti nomor telepon, galeri, ataupun lainnya yang menyangkut identitas pribadi anda.


Cara lainnya untuk menghentikan pinjol BantuSaku sebar data adalah dengan melaporkan ke polisi seperti apa yang sudah di ucapkan oleh ketua SWI Tongam L Tobing, Tongam mengatakan bahwa ada satu cara yang bisa dilakukan yaitu "Jika kita meminjam, maka kita harus membayarnya. Kemudian Tongam menegaskan kepada para pengguna untuk membayar utang yang dimilikinya, termasuk dalam pinjaman online baik legal ataupun ilegal.


Akan tetapi, jika penagihan sudah ada teror dan intimidasinya, maka pengguna atau debitur ini wajib sekali untuk melaporkannya ke pihak polisi yang akan ikut bertanggung jawab, maka untuk itu jangan sampai mereka menghina kita terus.


Pada saat mereka melakukan penagihan utang dengan tidak adanya etika atau tidak adanya rasa berkemanusian dan menyebarkan semua informasi ke semua kontak, maka pengguna wajib lapor ke polisi meskipun itu dampak dari masalah tidak bisa melunasi utang sendiri dan anda tetap harus bertanggung jawab atas semua masalah tersebut.


Akhir Kata


Demikianlah pembahasan singkat mengenai BantuSaku sebar data atau tidak yang dapat admin bahas pada artikel kesempatan kali ini. Semoga bisa bermanfaat dan sekaligus menjadi referensi yang baik, share informasi ini ke media sosial ataupun pengguna lainnya.



Baca Juga Artikel Menarik JabarDigital.com Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+